You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Puusangi
Desa Puusangi

Kec. Puriala, Kab. Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara

Selamat Datang Di Website Resmi Desa Puusangi Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Website Resmi Desa Puusangi Kecamatan Puriala Jangan Lupa Like dan Bagikan, Serta Saran dan Masukan Untuk Mengembangkan Website Desa Puusangi. Terima Kasih !

Sejarah Singkat Terbentuknya Desa Puusangi Kec. Puriala

Admin 08 Januari 2021 Dibaca 443 Kali
Sejarah Singkat Terbentuknya Desa Puusangi Kec. Puriala

https://puusangi.desa.id/Desa Puusangi merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Puriala. Desa ini memiliki sejarah yang menarik mengenai terbentuknya dan perjalanan awalnya sebagai pemekaran dari Desa Lalonggatu.

Desa Puusangi terletak sekitar 25 kilometer di Utara ibu kota Konawe. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang subur, dengan pohon-pohon dan semak yang masih lebat tumbuh di atas tanah yang datar. Meskipun penduduknya hidup dalam kehidupan primitif, mereka dikenal sebagai masyarakat yang rukun dan damai.

Pada tahun 1996, saat kepemimpinan Bapak Rudin Diga sebagai Kepala Desa Lalonggatu di Kecamatan Lambuya, muncul ide untuk memekarkan Desa Lalonggatu. Beberapa tokoh masyarakat seperti Rudin Diga, Jamrun Jaya, Samsi, Abdin A., Peso, R. Matoa, Wua, Pomiku, Mapa, dan Abbas turut merumuskan rencana pemekaran tersebut. Pada saat itu, Desa Puusangi masih berada di wilayah Kecamatan Lambuya yang dipimpin oleh Camat Bapak Drs. Nuhung Makati.

Dalam proses pemekaran ini, ide-ide, usulan, saran, dan pendapat dari berbagai pihak dikumpulkan dan dipertimbangkan. Setelah melalui tahap-tahap diskusi dan penyeleksian, akhirnya tercipta nama "Desa Puusangi" untuk desa baru ini. Nama "Puusangi" dipilih dengan pertimbangan dan makna yang terkandung di dalamnya.

Desa Puusangi kemudian menjadi Desa persiapan yang merupakan pemekaran dari Desa Lalonggatu antara tahun 1997 hingga 1998, dan secara resmi dinyatakan sebagai desa definitif pada tahun 1999. Muh. Nur Lapotulo diangkat oleh Bupati sebagai Pejabat Sementara Kepala Desa Puusangi, dengan Basran R. sebagai Sekretaris Desa.

Sejak itu, Desa Puusangi terus berkembang dengan mengoptimalkan potensi alam dan sumber daya manusia yang ada. Meskipun masih dalam kehidupan primitif, penduduk desa ini berusaha menjaga keharmonisan dan kelestarian lingkungan sekitar. Desa Puusangi juga berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup penduduknya dengan memperhatikan pembangunan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

Dalam perjalanan sejarahnya, Desa Puusangi terus berupaya menghadirkan kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya. Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan kerjasama yang erat antara masyarakat, desa ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi tempat tinggal yang nyaman serta sejahtera bagi penduduknya.

Sebagai sebuah desa yang baru terbentuk, Desa Puusangi memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor-sektor ekonomi lokal, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memperkuat kehidupan sosial dan budaya masyarakatnya. Dengan semangat gotong royong dan kesatuan visi, Desa Puusangi siap menghadapi masa depan yang lebih baik dan memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan Daerah dan Negara.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image